Thursday, November 8, 2018

(Chapter V - Chemical Technology) Laporan Praktikum cold cream / Bedak Adem


LAPORAN RESMI KIMIA TEKNOLOGI
COLD CREAM


ANTONIUS YUNIAN WICAKSONO
          112002


AKIN ST.PAULUS SEMARANG
2013


Nama                           : Antonius Yunian Wicaksono
NIM                            : 112.002
Kelompok / Semester  : 9 / 2
Materi Praktek            : Pembuatan Cold Cream
Tanggal praktek          : 1 April 2013
Tujuan                         : Untuk mengetahui cara pembuatan cold cream yang benar

DASAR TEORI :

Krim adalah bentuk sediaan setengah padat mengandung satu ataulebih bahan obat yang terlarut atau terdispersi dalam bahan dasar yang sesuai.Istilah ini secara tradisional telah digunakan untuk sediaan setengan padatyang mempunyai konsistensi relatif cair diformulasikan sebagai emulsi airdalam minyak atau minyak dalam air. Sekarang ini batasn tersebut lebihdiarahkan untuk produk yang terdiri dari emulsi minyak dalam air ataudispersi mikrokristal asam-asam lemak atau alkohol berantai panjang dlam air,yang dapat dicuci dengan air dan lebih ditujukan untuk penggunaan kosetikadan estetika
Sifat dan guna bahan dalam pembuatan brylcreem (Root ,Morris j.1972) :
1.      Bess wax = malam tawon
Bess wax mempunyai sifat sedikit larut dalam alkohol, sedikit bahan dan tidak berasa. Larut dalam chlorofom, eter, dan benzene. Kegunaan lainnya adalah padatan coklat ( belum diolah/asli ), kuning seperti keju ( sudah diolah ), malam hari lebah terdiri dari firicyl palmat, parafin carbon tinggi. Malam tawon adalah malam alami ( natural wax ) yang dibuat secara alami. Malam ini mengandung gugus ester dari asam lemak dan rantai alkohol yang panjang serta bervariasi.
2.      Borax ( Na2B4O7. 10H2O )
Borax nama lain: Biboras Natricus / sodium borate/ sodium tetraborate / sodium biborate/ sodium pyroborate. Bentuk fisik borax ada 2 yaitu : kristal (decahidrat) larut dalam air, Serbuk (anhidrat) sukar larut dalam air. Borax adalah agen abrasif dan buffering ringan digunakan dalam disinfeksi rumah tangga maupun cosmetic dan sabun. Ketika dikombinasikan dengan lilin borax telah emulsifying yang meningkatakan konsentrasi cream kosmetik dan lotion. Borax juga alkali, yang membuatnya berguna dalam toner kulit dan formula pembersih. Dengan menggabungkan pembersihan kulit dan pengelupasan kulit, borax sabun mengghilangkan bakteri, minyak dan sel kulit mati terkait dengan jerawat. Setelah menggunakan produk yang terdapat boraxnya segera bilas dengan air bersih. Walau konsentrasinya rendah umumnya dianggap aman untuk digunakan pada kulit kepala, borax tanpa bukan tanpa bahaya. Tingkat alkalinitas yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

3.      Spermaceti
Cream Tabir Surya
Cream tabir surya adalah cream kosmetika yang dapat menyaring sinar matahari (sun screen) atau bahkan yang dapat menahan seluruh sinar matahari (sun block) untuk mengurangi efek buruk sinar matahari tersebut. Ada dua macam komponen sinar ultraviolet yang mencapai bumi, yaitu UVA (320-400 nm) dan UVB (290-320). UVB merupakan komponen yang mempunyai daya rusak tinggi pada kulit, sedangkan UVA lebih condong dapat merusak kulit dengan bantuan dari berbagai macam foto sensitizer kimia baik alami maupun sintetik yang terdapat pada kulit
Bahan tanaman yang digunakan dalam cream tabir surya adalah Daun Plantago mayor Lin.
4.      Parafin liquid
Parafin mempunyai sifat larut dalam eter, benzene, CS2, sedikit berbau dan berasa, tidak larut dalam air, alkohol dan gliserin, dan minyak transparan
5.      Sodium benzoat
Sodium benzoat adalah bahan pengawet . Hal ini bakteriostatik dan fungistatic dibawah kondisi asam. Hal ini paling banyak digunakan dalam makanan asam seperti salad dressing ( cuka ), minuman berkarbonasi ( asam karbonat ), selai dan jus buah ( asam sitrat ), acar ( cuka ), dan bumbu . Hal ini juga digunakan sebagai pengawet dalam obat-obatan dan kosmetik.  Sebagai tambahan makanan, natrium benzoat memilikinomor E E211.

6.      Stearin
Hal ini digunakan sebagai tallow dalam pembuatan lilin,sabundanbahankosmetiklainnya. Dan berfungsidapatmengmudarkanklek-flekhitampadakulit.
ALAT & BAHAN
Ø  ALAT
1.      Beaker glass
2.      Gelas ukur
3.      Pengaduk
4.      Erlenmeyer
5.      Mixer
6.      Cawan porselin
7.      Bunsen
Ø  BAHAN
1.      Bees wax         :30gr
2.      Spermacety     :15gr
3.      Parafin oil        :90gr
4.      Stearin             :30gr
5.      Borak              :6gr
6.      Sodium benzoat (pengawet) secukupnya
7.      Aquadest
CARAKERJA:
1.      Siapkan alat dan bahan
2.      Campurkan bees wax, spermacety, parafin oil, stearin masukkan dalam beaker glass lalu panaskan (campuran 1)
3.      Masukkan Borak , air, sodium benzoat ke dalam cawan porselin lalu panaskan (campuran 2)
4.      Masukkan campuran 1 ke dalam campuran 2 kemudian diaduk menggunakan mixer
5.      Kemudian tambahkan parfum secukupnya



GAMBAR :
                                                                                                  


 
 



Stearin+spermacety+bees wax+parafin oil                                         sodium benzoar+borak


 
FOOD355SALADBWL





Campuran 1 + campuran 2                                                      kemudian di mixer
DATA PENGAMATAN :
Saat stearin, spermacety, bees wax, dan parafin oil dipanaskan ternyata mudah larut dan cairannya berwarna kuning bening lalu mumbuat campuran 2 yang terdiri dari borak, air dan sodium benzoat kemudian di panaskan ternyata mudah larut lalu setelah itu campuran 1 dan campuran 2 di campur menghasilkan warna putih susu kemudian dilakukan pengadukan dengan mixer hingga emulsi ( pada saat pengadukan dibawah permukaan beaker glas di beri es batu dan di tempatkan dalam baskom )
PEMBAHASAN :
            Bentuk krim adalah salah satu bentuk sediaan yang cukup banyak digunakan sampai saat ini karena sifat penggunaanya yang praktis dan dapat memenuhi keinginan yang dibutuhkan salah satunya di terapkan dalam sediaan krim pendingin. Dengan menggunakan krim pendingin krim ini banyak menggunakan air, digunakan air akan menguap karena suhu udara sehinnga kulit menjadi terasa dingin dan lemas atau tidak kaku.




KESIMPULAN:
Jadi cold cream yang saya buat berbentuk krim putih yang cukup padat dan beremulsi water in oil sehingga cukup minyak dan susah dibersihkan.
DAFTAR PUSTAKA:
Root ,Morris j.1972.cosmetics sience and teknologi second volume:john wiley & sonr,inc

Semarang, 5 April 2013
Pembimbing                                                                                        Praktikan


Ir. Ronny Windu S, MT                                                          Antonius Yunian Wicaksono







 


 
 







No comments:

Post a Comment

(Chapter V - Food Technology) PERAN THEAFLAVIN DAN THEARUBIGINS DARI TEH HITAM DALAM MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

RINGKASAN Teh adalah minuman yang mengandung kafein , yang dibuat dengan cara menyeduh daun , pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeri...