Thursday, November 8, 2018

(Chapter V - Food Technology) PERAN ASAM FOLAT PADA KACANG MERAH DALAM PEBENTUKAN SEL DARAH MERAH DALAM TUBUH

RINGKASAN
Kacang merah (phaseolus vulgaris L) adalah  tanaman berupa  semak yang tegak dan ada yang merambat pada tumbuhan kayu lain.  Tanaman ini berasal dari meksiko selatan, amerika selatan dan dataran cina. Selanjutnya tanaman tersebut menyebar ke daerah lain seperti Indonesia, Malaysia, Karibia, Afrika Timur, dan Afrika Barat. Ada beberapa jenis kacang merah diantaranya adalah kacang adzuki (kacang merah kecil), dan kidney bean (kacang merah besar). Kacang merah memiliki kandungan gizi yang sangat baik, hal ini sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia apalagi jika diolah secara baik dan benar. Kacang merah kering merupakan sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, asam folat , tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi.
              Asam folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.

Folat membantu menghasilkan dan memelihara sel-sel baru Hal ini khususnya penting selama periode pembelahan sel yang cepat dan pertumbuhan seperti bayi dan kehamilan. Folat dibutuhkan untuk membuat DNA dan RNA, blok bangunan sel. Hal ini juga membantu mencegah perubahan pada DNA yang dapat menyebabkan kanker. Baik orang dewasa dan anak-anak membutuhkan folat untuk membuat sel-sel normal darah merah dan mencegah anemia. Asam folat juga penting untuk metabolisme homosistein, dan membantu menjaga kadar normal asam amino .



TINJAUAN BIOLOGI / AGRONOMI
Kacang merah (phaseolus vulgaris L) adalah  tanaman berupa  semak yang tegak dan ada yang merambat pada tumbuhan kayu lain.  Tanaman ini berasal dari meksiko selatan, amerika selatan dan dataran cina. Selanjutnya tanaman tersebut menyebar ke daerah lain seperti Indonesia, Malaysia, Karibia, Afrika Timur, dan Afrika Barat. Kacang merah dapat mencapai tinggi sekitar 3,5 - 4,5 meter, tumbuhnya memerlukan penyangga. Pengembangbiakannya dapat dilakukan dengan bijinya dan juga diperlukan tanah yang baik. Kacang merah akan dapat tumbuh baik di daerah basah atau dingin pada ketinggian 1400-2000 meter dari permukaan laut dan dipanen 6 bulan setelah penanaman. Kacang ini tumbuh di dataran rendah tropis dan area subtropis tetapi dapat tumbuh hingga ketinggian 2000-2500 m. Kacang merah menyukai lahan beraerasi dan berdrainase baik dengan pH 6,0-6,8. Beberapa kultivar tahan terhadap lahan asam dengan pH serendah-rendahnya 4,4.
Kacang merah akan berbunga pada panjang hari 9-18 jam dan untuk tipe berhari pendek memerlukan panjang hari terendah antara 11-12,3 jam untuk inisiasi bunga. Temperatur optimum antara 16 hingga 27 ° C. Curah hujan normal tahunan adalah 900-1500 mm tetapi dapat toleransi hingga sedikitnya 500-600 mm dalam satu musim penanaman.
Tanaman kacang merah ini biasanya tumbuh melilit pada batang bambu. Kelopak  bunga berwarna putih kekuningan atau ungu sedangkan tunasnya berwarna putih atau kadang-kadang berwarna lain. Biji berbentuk Polong lonjong, pipih, berkulit keras bila tua, pada umumnya melengkung kadang-kadang dengan bentuk mengait pada bagian atasnya. Buahnya yang berbentuk polong memanjang, hanya sedikit lebih panjang bila dibandingkan dengan buncis. Dalam satu polong ada 2-3 biji kacang merah. Bentuk kacang merah yang masih utuh sama dengan kacang buncis, baik daun, bunga maupun bentuk polongnya.
Kacang merah dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu kacang merah yang bijinya kerdil dan kacang merah yang bijinya memanjang. Warna bijinya merah dan bertotol-totol merah tua. Buahnya berwarna kuning, jika masih muda berwarna hijau dan kadang-kadang berwarna merah. Jika sudah tua berubah menguning, mengering, dan siap panen.
Pada umumnya kacang merah sering dikonsumsi oleh masyrakat pedesaan, karena pada musim kemarau para petani lebih memilih menamam kacang merah daripada tanamamn yang lain karena lebih efisien. Selain itu penanamannya juga tidak terlalu sulit.
Kacang merah memiliki kandungan gizi yang sangat baik, hal ini sangat menguntungkan bagi kesehatan tubuh manusia apalagi jika diolah secara baik dan benar. Kacang merah kering merupakan sumber protein nabati, karbohidrat kompleks, serat, vitamin B, folasin, tiamin, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kacang merah dapat ditanam pada berbagai jenis tanah dengan syarat struktur tanahnya gembur. Struktur tanah yang gembur dapat mempermudah akar tanaman menjalar mencari sumber hara yang terkandung dalam tanah. Tanah yang paling sesuai untuk penanaman kacang merah ini yaitu tanah gembur, subur, baik salirannya dan pH 5,5 – 6,8.
Kacang merah tergolong makanan nabati kelompok kacang polong (legume) satu keluarga dengan kacang hijau, kacang kedelai, kacang tolo, dan kacang uci. Ada beberapa jenis kacang merah diantaranya adalah red bean, kacang adzuki (kacang merah kecil), dan kidney bean (kacang merah besar). Kandungan nutrisi kacang merah juga luar biasa kaya. Kacang merah kaya akan asam folat, kalsium, karbohidrat kompleks, serat, dan protein yang tergolong tinggi. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang tinggi dalam kacang merah membuatnya dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Kadar indeks glikemik kacang merah juga termasuk rendah sehingga menguntungkan penderita diabetes dan menurunkan risiko timbulnya diabetes.
             
no
Kacang merah
Kandungan asam folat / 100 gram (mcg)
1
Kacang Adzuki
121 mcg
2
Kacang kidney
130 mcg

KANDUNGAN ZAT AKTIF

Asam folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat.
Asam folat merupakan turunan dari vitamin B kompleks (B-9) yang disebut juga
folacine. Jenis
 vitamin B yang secara alami bisa ditemukan pada sayuran hijau, buah-buahan sitrus atau kacang kering.
 Folat berasal dari kata dari "folium" bahasa latin  untuk daun. Pengamatan dari peneliti Wills Lucy hampir 70 tahun yang lalu meneliti folat sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk mencegah anemia kehamilan. Wills menunjukkan bahwa anemia  bisa dikoreksi dengan ekstrak ragi. Folat diidentifikasi sebagai zat perbaikan dalam ekstrak ragi di akhir 1930-an dan diisolasi dari daun bayam pada tahun 1941.Pada tahun 1996, Administrasi Makanan dan Obat menerbitkan peraturan yang mewajibkan penambahan asam folat untuk roti, sereal, tepung, tepung kasar jagung, pasta, beras, dan produk gandum lainnya. Sejak sereal dan biji-bijian yang banyak dikonsumsi di AS, produk ini telah menjadi kontributor yang sangat penting dari asam folat pada makanan Amerika. Tabel berikut menunjukkan berbagai sumber diet folat.
Sebagai salah satu zat gizi, asam folat dikenal sebagai bahan tambahan penting dalam suplemen bagi ibu hamil. Bukan hanya sebagai zat gizi yang dibutuhkan oleh janin, karena pada dasarnya asam folat juga dibutuhkan dalam kondisi tidak hamil atau sehari-hari. Namun pada kondisi kehamilan maupun persiapan kehamilan, wanita sebaiknya memenuhi kebutuhan asam folatnya.


Vitamin B9

Nama Kimia: asam folat

Rumus Kimia: C 19 H 19 O 6 N 7
Rumus Struktur:





Sifat fisis
a.       Berbentuk Kristal berwarna kuning
b.      Mudah larut dalam air
c.       Tidak tahan terhadap cahaya



MANFAAT UMUM BAHAN ALAM
Kacang merah kering adalah sumber karbohidrat kompleks, serat makanan (fiber), vitamin B (terutama asam folat dan vitamin B6), fosfor, mangaan, besi, thiamin, dan protein. Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus dapat menyediakan 9 gram protein atau 17 persen dari angka kecukupan protein harian. Kandungan protein dan profil asam amino dalam 100 gr kacang merah (kidney bean) dari yang terbanyak adalah asam glutamat (1323 mg), asam aspartat (1049 mg), leucine (693 mg), lysine (595 mg), arginine (537 mg), serine (472 mg), phenylalanine (469 mg), valine (454 mg), isoleucine (383 mg), proline (368 mg), threonine (365 mg), alanine (364 mg), glycine (339 mg), dan lain-lain sisanya di bawah 300 mg.
Kandungan protein dalam kacang polong, termasuk kacang merah, sudah lama diakui kontribusinya pada menu makanan sehari-hari. Bahkan kacang merah memasok kebutuhan protein hampir sama banyaknya dengan daging. Walaupun protein nabati yang terkandung dalam kacang merah tergolong protein tak lengkap karena kurang lengkanya profil asam amino esensial, namun dengan mudah dapat dilengkapi dengan mengkonsumsi kacang merah bersama padi-padian/sereal, produk susu, atau sejumlah kecil daging. Jadi, tidak sulit untuk melengkapi kekurangan komponen protein (asam amino) yang terdapat pada kacang merah.
Nutrisi vitamin dalam kacang merah diantaranya adalah folat yang mampu mencukupi kebutuhan harian sebesar 33 persen, 11 persen kebutuhan thiamin, 10 persen kebutuhan vitamin K, 6 persen kebutuhan vitamin B6, dan lain-lain sisanya di bawah 3 persen.
Kandungan mineral kacang merah mampu mencukupi masing-masing 24 persen kebutuhan harian mineral mangaan, 16 persen kebutuhan mineral besi, 14 persen kebutuhan mineral fosfor, 12 persen kebutuhan mineral potassium dan tembaga, 11 persen kebutuhan mineral magnesium, 7 persen kebutuhan mineral zinc, dan lain-lain sisanya di bawah 3 persen. Kandungan mineral dalam kacang merah kecil (adzuki bean) lebih banyak daripada jenis kacang merah besar (kidney bean).
Melihat berbagai kandungan nutrisi kacang merah diatas, maka dapat diuraikan berbagai manfaatnya, yaitu :
  • Mencegah kolesterol jahat dan memperlancar pencernaan (anti sembelit). Kandungan fibernya yang tinggi difermentasi dalam usus besar dan menghasilkan asam-asam lemak rantai-pendek, yang dapat menghambat sintesis kolesterol hati. Belum lagi kandungan Omega-3 dan Omega-6 juga akan sangat membantu;
  • Mencegah resiko diabetes karena kandungan karbohidrat kompleknya berglikemik indek rendah dan termasuk lamban cerna;
  • Membantu pematangan sel darah merah, membantu sintesa DNA dan RNA, serta menurunkan level homosistein dalam pembuluh arteri (sehingga mengurangi resiko penyakit jantung) dengan kandungan folat dan vitamin B6;
  • Membantu program diet karena fibernya akan membuat Anda merasa kenyang dan kalorinya juga sangat rendah. Apalagi kandungan protein nabatinya akan bermanfaat untuk perkembangan massa otot tubuh;
  • Menjaga fungsi sistem syaraf, metabolisme karbohidrat, dan mencegah penyakit beri-beri dengan kandungan thiamin;
  • Membantu proses metabolisme asam amino, asam lemak, lipid, glukoneogenesis, sintesis neurotransmitter, sintesis histamine, sintesis dan fungsi haemoglobin serta menjaga kesehatan kulit dengan kandungan vitamin B6;
  • Membantu proses pembekuan darah pada luka
  • Membantu pembentukan komponen utama sel-sel darah merah, pembentukan enzim, pembentukan tulang, mencegah resiko anemia (darah rendah) dengan kandungan zat mineral zinc, besi, dan tembaga;

MANFAAT KHAS BAHAN ALAM
Asam folat sebenarnya adalah bagian dari vitamin B kompleks. Dari bermacam komposisi vitamin B kompleks, salah satunya ada yang dikenal sebagai vitamin B9 atau folacin , dan asam folat merupakan bentuk alaminya.
Namun dalam perkembangannya, asam folat lebih dikenal sebagai unsur tersendiri karena fungsi utamanya yang cukup dominan. Artinya, meski termasuk kelompok vitamin B kompleks, ia lebih dikenal sebagai asam folat karena merupakan zat gizi yang vital.Vitamin larut air yang banyak dibutuhkan tubuh manusia ini, sangat berperan dalam berbagai proses metabolisme. Pada sel tubuh manusia, asam folat dibutuhkan sebagai co-enzim dalam metabolisme asam amino. Bahan penting yang dibutuhkan sel-sel dalam pembentukan struktur tubuh janin.
Pada kondisi umum, anak-anak dan orang dewasa membutuhkan asamfolat untuk memroduksi sel darah merah sehingga meningkatkan kadar Hb dan mencegah anemia.
Sedangkan pada kondisi kehamilan, asam folat bertambah penting karena perannya dalam pembentukan sel-sel DNA dan RNA sebagai cikal bakal pertumbuhan seorang anak. Sebagai co-enzim , asam folat memiliki andil dalam pemindahan atom dan seterusnya, bertanggung jawab membuat metabolisme asam amino dalam sel berjalan baik. Sel-sel yang berbahan dasar protein tersebut, bisa bertumbuh seperti seharusnya.
Asam folat juga sangat penting karena sifatnya menghambat secara signifikan zat teratogenik (bersifat pengganggu pembentukan sel jaringan janin), ini dapat menekan kelainan pada janin terutama di periode pembentukan janin pada masa kehamilan.
Menurut jurnal medis, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi asam folat setidaknya 300 m gram perhari. Ini juga merupakan cara untuk menekan risiko kelainan tabung syaraf NTDs (neural tube defects ) hingga 70 persen kelahiran. Kelainan sejak lahir ini termasuk ketidaksempurnaan perkembangan otak (anencephaly ) dan tulang belakang (spina bifida ).
Untuk memenuhi angka ini, tidak harus dengan suplementasi (tablet). Namun dari makanan sehari-hari juga bisa memenuhi kebutuhan asamfolat, hanya tinggal mengganti beberapa lauk atau pilihan bahan makanan yang kaya asam folat. Misal, lauk pilih yang tinggi folat seperti hati atau daging merah. Atau, bila dahulu terbiasa memakan tempe/tahu, kini bisa ditambahkan pula snack bubur kacang hijau ataupun susu kedelai serta sayuran.
Meski tak bisa dikatakan sebagai satu-satunya pencegah kecacatan janin, namun paling tidak asam folat mampu mereduksi efek zat-zat yang merusak atau menghambat pertumbuhan janin seperti radikal bebas, zat artifisial yang tidak aman, racun dan polutan. Tanpa adanyaasam folat, zat-zat teratogenik semakin tak terbendung merusak dan mengganggu proses dalam inti sel-sel yang sedang bertumbuh. Logikanya kalau zat yang mereduksi efek teratogenik kurang, maka kerusakan yang ditimbulkan akan semakin buruk.
Folat membantu menghasilkan dan memelihara sel-sel baru Hal ini khususnya penting selama periode pembelahan sel yang cepat dan pertumbuhan seperti bayi dan kehamilan. Folat dibutuhkan untuk membuat DNA dan RNA, blok bangunan sel. Hal ini juga membantu mencegah perubahan pada DNA yang dapat menyebabkan kanker. Baik orang dewasa dan anak-anak membutuhkan folat untuk membuat sel-sel normal darah merah dan mencegah anemia. Folat juga penting untuk metabolisme homosistein, dan membantu menjaga kadar normal asam amino ini.

 Kebutuhan asam folat minimal yang direkomendasikan untuk Anak dan Dewasa (mikro gram)
Age
(years)
Males and Females
(μg/day)
Pregnancy
(μg/day)
Lactation
(μg/day)
1–3
150
N/A
N/A
4–8
200
N/A
N/A
9–13
300
N/A
N/A
14–18
400
600
500
19+
400
600
500


PERAN ASAM FOLAT DALAM PENBENTUKAN DARAH MERAH

Interaksi beberapa mineral dengan vitamin umumnya menimbulkan efek terhadap status gizi. Besi dan asam folat dapat meningkatkan metabolisme, demikian juga dengan besi dengan vitamin B12.
Peranan asam folat dalam proses sintesis nukleo protein merupakan kunci pembentukan dan produksi butir-butir darah merah normal dalam susunan tulang. Kerja asam folat tersebut banyak berhubungan dengan kerja dari vitamin B12 (Winarno, 1997). Folat diperlukan dalam berbagai reaksi biokimia dalam tubuh yang melibatkan pemindahan satu unit karbon dalam interkonversi asam amino misalnya konversi homosistein menjadi metionin da serin menjadi glisin atau pada sintesis prekusor DNA purin (Hoffbrand,Pettit and Moss, 2005).
 Asam folat berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahan-pecahan karbon tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini 28 adalah tetrahidrofolat (THF) atau asam tetrahidrofolat (THFA) dalam pembentukan DNA dan RNA. Asam folat dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Asam folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembenrtukan hem. Vitamin B12 diperlukan untuk mengubah folat menjadi bentuk aktif dan dalam fungsi normal metabolisme semua sel, terutama sel-sel saluran cerna, sumsum tulang, dan jaringan saraf (Almatsier, 2001). Vitamin B12 merupakan suatu koenzim untuk dua reaksi biokimia dalam tubuh, yang pertama sebagai metil B12, suatu kofaktor untuk metionin sintase, yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk metilasi homosistein menjadi metionin







 Daftar pustaka
Anonim2. 2011. Kacang Merah/Phaseolus vulgaris. http://sayursayurku.word press.com/2011/02/20/kacang-merahphaseolus-vulgaris/. Diakses 22 Mei 2011.
http://www.sinergifitness.com/site2/kumpulan-artikel-fitness-a-kesehatan/34-artikel/105-nutrisi-tinggi-dari-kacang-merah
http://www.healthalternatives2000.com
Muwakhidah.2009.EFEK SUPLEMENTASI Fe, ASAM FOLAT DAN VITAMIN B 12
TERHADAP PENINGKATAN KADAR HEMOGLOBIN (Hb)PADA PEKERJA WANITA















PERAN ASAM FOLAT PADA KACANG MERAH DALAM PEBENTUKAN SEL DARAH MERAH DALAM TUBUH






Disusun Oleh:
Aristya Kurniawan
110010

AKADEMI KIMIA INDUSTRI ST.PAULUS
SEMARANG

2012

No comments:

Post a Comment

(Chapter V - Food Technology) PERAN THEAFLAVIN DAN THEARUBIGINS DARI TEH HITAM DALAM MENCEGAH PENYAKIT JANTUNG

RINGKASAN Teh adalah minuman yang mengandung kafein , yang dibuat dengan cara menyeduh daun , pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeri...